√ 50 Besar Reasuransi Dunia 2019 dari Sisi Pendapatan Premi - LiterasiAsuransi.com

13 September 2020

50 Besar Reasuransi Dunia 2019 dari Sisi Pendapatan Premi

Ilustrasi Top 50 Reasuransi Dunia

Reasuransi adalah "asuransi"-nya asuransi.  Maksudnya, perusahaan asuransi akan mengasuransikan kembali risiko-risiko yang dikelolanya kepada perusahaan reasuransi.  Bisa juga kita katakan bahwa perusahaan asuransi adalah tertanggung atau nasabah dari perusahaan reasuransi.

Dimana posisi reasuransi dalam konteks industri asuransi secara keselurahan? Berikut gambarannya:

Proses reasuransi

Perusahaan Reasuransi di Indonesia


Perusahaan reasuransi yang ada di Indonesia tidak banyak, hanya 6 perusahaan:

  1. PT Reasuransi Indonesia Utama (persero), populer dengan sebutan Indonesia Re, perusahaan reasuransi milik negara (BUMN),
  2. PT Reasuransi Nasional Indonesia, dikenal dengan sebutan Nasional Re,
  3. PT Tugu Reasuransi Indonesia, nama populernya Tugu Re,
  4. PT Maskapai Reasuransi Indonesia, dikenal dengan nama Marein,
  5. PT Reasuransi MAIPARK Indonesia, nama pendeknya Maipark,
  6. PT Reasuransi Nusantara Makmur, dikenal dengan sebutan Nusantara Re


50 Besar Reasuransi Dunia 2019


Sedangkan perusahaan reasuransi di dunia, cukup banyak. Siapa saja TOP50-nya?  Reinsurance News merilis laporan Top 50 Global Reinsurance Groups tahun 2019.  Ranking atau urutan tersebut berdasarkan gross premium written (GPW) atau gross premi pada tahun 2019 berdasarkan data penelitian (research data) dari agen pemeringkat (rating agency) A.M Best.

Tiga besarnya: (1) Swiss Re, (2) Munich Re dan (3) Hannover Re.  Dua dari tiga besar reasuransi tersebut berasal dari Jerman.  Swiss Re berhasil menduduki peringkat pertama dengan pencapaian gross premi USD 42,2 milyar.  Munich Re yang menduduki peringkat kedua berhasil mencapai gross premi USD 37,9 Milyar.  Hannover Re yang menduduki peringkat ketiga berhasil membukukan gross premi sebesar USD 25,4 Milyar.  Scor Re berhasil menduduki peringkat keempat dengan pencapaian gross premi USD 18,3 Milyar.

Swiss Re dan Munich Re diperkirakan akan terus sebagai 2 besar reasuransi dunia karena kontribusi keduanya terhadap gross premi Top 50 pada 2019 mencapai 30%.

Dari TOP 50 yang di-published Reinsurance News, berikut 20 besar reasuransi dunia:
 


Get notifications from this blog